Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows (Lengkap dengan Gambar)

Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
Tutorial cara internet lebih cepat menggunakan DNS Cloudflare untuk Windows - Cloudflare meluncurkan layanan DNS Resolver yang berfokus pada privasi yang dapat digunakan siapa saja secara gratis. Cloudflare, yang juga menyediakan jaringan pengiriman konten, perlindungan DDoS, dan layanan keamanan lainnya untuk bisnis, mengatakan layanan DNS akan mempercepat penelusuran web dan meningkatkan privasi.

DNS, atau Domain Name System, adalah apa yang digunakan komputer untuk mengubah domain yang dapat dibaca manusia seperti "blogudir.com" menjadi alamat IP. Alamat IP adalah serangkaian angka dan desimal unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Saat kalian mengetikkan alamat situs web, permintaan dikirim ke server DNS untuk mencari alamat IP untuk situs web yang terkait dengan nama domain itu. Proses ini disebut resolusi DNS, dan secara default biasanya terjadi pada server DNS yang dimiliki oleh penyedia layanan internet kalian.

ISP dapat menggunakan informasi yang diperoleh dari lalu lintas DNS untuk mengetahui situs web yang kalian kunjungi, bahkan jika kalian menggunakan HTTPS. Cloudflare memanfaatkan permintaan untuk alternatif DNS yang lebih pribadi. Dengan mengalihkan pengaturan DNS kalian untuk menggunakan Cloudflare alih-alih server DNS default kalian, ISP kalian tidak dapat mengintip riwayat web kalian atau membagikan informasi itu dengan pihak ketiga.

Dalam artikel ini, Blogudir akan memberikan cara mengatur DNS Cloudflare untuk Windows.

Cara setting DNS Cloudflare di Windows

Sebelum memulai, kalian memerlukan koneksi internet yang berfungsi. Kalian dapat menggunakan wifi atau ethernet, tetapi perhatikan bahwa mengubah pengaturan DNS kalian di satu tidak akan mengubahnya di sisi lain. Kalian harus mengulangi proses untuk setiap antarmuka jaringan (wifi, ethernet) yang kalian rencanakan untuk digunakan.

Untuk perangkat apa pun, alamat server DNS primer Cloudflare adalah 1.1.1.1, dan 1.0.0.1 digunakan sebagai alternatif untuk redundansi.

Ini adalah instruksi untuk cara mengatur Cloudflare DNS pada Windows 10, tetapi versi Windows lainnya harusnya sama saja pengaturannya. Perhatikan bahwa kalian harus menjadi administrator di komputer kalian untuk mengakses beberapa pengaturan ini.

  1. Saat terhubung ke internet, klik kanan ikon Wi-Fi atau Ethernet di sistem tray kalian (sisi kanan taskbar) dan pilih Open Network & Internet Settings
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  2. Klik Wi-Fi, lalu scroll ke bawah untuk memilih Change adapter options
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  3. Temukan adaptor yang kalian gunakan, biasanya bernama Wi-Fi atau Wireless Network Connection, lalu klik kanan, dan pilih Properties
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  4. Di jendela properti di tab Networking, lihat di dalam daftar "This connection uses the following items" untuk menemukan Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4). Klik sekali untuk menyorotnya (jangan hapus centang) dan klik Properties
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  5. Pilih opsi untuk Use the following DNS server addresses dan masukkan alamat IP berikut ke dalam dua kotak:
    • Preferred DNS server : 1.1.1.1
    • Alternate DNS server : 1.0.0.1
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  6. Klik OK
  7. Jika kalian menggunakan IPv6, kembali ke menu Properties, klik (jangan hapus centang) Internet Protocol Version 6 (TCP / IPv6) dan klik Properties
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  8. Pilih opsi untuk Use the following DNS server addresses dan masukkan alamat IP berikut ke dalam dua kotak:
    • Preferred DNS server : 2606: 4700: 4700 :: 1111
    • Alternate DNS server : 2606: 4700: 4700 :: 1001
    Cara Settting DNS Cloudflare (1.1.1.1) di Windows
  9. Klik OK

Ulangi seperlunya untuk adaptor lain yang kalian gunakan, seperti ethernet.

Itulah cara menggunakan atau mengatur DNS Cloudflare (1.1.1.1) untuk Windows. Sekali lagi kami ingatkan, cara diatas bisa dilakukan pada perangkat Windows 10, atau versi sebelumnya, baik di PC maupun Laptop. Dengan menggunakan DNS Cloudflare, kalian bisa menggunakan internet lebih cepat serta keamanan privasi yang lebih terjaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel