Apa itu VPN? Berikut Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui

Apakah kalian masih tidak menggunakan VPN? Mungkin seharusnya begitu.

Dulu, sekitar sebulan yang lalu, di Indonesia sempat mengalami internet error, yang mana gangguan itu memang dilakukan pemerintah Indonesia yakni untuk membatasi penggunaan internet agar mengurangi tersebarnya berita hoax di internet.

Karena gangguan internet itu, netizen Indonesia tidak bisa membuka Facebook, Whatsapp tidak bisa mengirim pesan, Instagram error, dsb. Dan untuk mengatasi itu, beberapa orang memilih menggunakan VPN untuk membuka sosial media.

VPN hanyalah alat semacam itu, dan inilah semua yang perlu kalian ketahui tentang mereka.
Apa itu VPN? Berikut Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui

Apa maksud VPN?

VPN adalah singkatan dari "Virtual Private Network" dan pada dasarnya berfungsi sebagai terowongan pribadi kalian ke internet.

VPN bisa mengubah jaringan publik apa pun menjadi jaringan pribadi, dan mengubah rumah pribadi atau jaringan bisnis kalian menjadi jalur yang lebih aman untuk aktivitas online kalian.

Pada dasarnya, VPN menghalangi orang lain untuk melihat apa yang kalian lakukan, ketika kalian terhubung, dari mana kalian terhubung, dan apakah kalian sedang online atau tidak.

Untuk mengatakan bahwa ada stigma yang terkait dengan penggunaan VPN akan membuatnya tidak proporsional, tetapi pasti ada pola pikir yang menentang menginstalnya.

Sebagai permulaan, beberapa pengguna secara keliru percaya bahwa "hanya orang-orang yang punya sesuatu untuk disembunyikan" yang akan menggunakan VPN. Para pengguna tersebut tidak melihat manfaat dari mencegah seorang peretas keluar dari aplikasi perbankan online kalian. tetapi lebih membingungkan server yang mengarahkan rute sebagai upaya untuk menutupi jejak kalian saat terlibat dalam aktivitas ilegal. Tentu saja, pedagang komoditas Web Gelap mungkin ingin VPN memblokir upaya apa pun dalam mengikuti penjualannya, tetapi orangtua yang masuk ke akun makan siang sekolah putranya untuk memasukkan uang ke dalam kebutuhan sama banyaknya dengan perlindungan.

Juga, ada gagasan yang sangat keliru bahwa mendownload VPN entah bagaimana mengingatkan pemerintah pada fakta bahwa kalian berencana untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin dilihat orang lain. Mungkin bertahun-tahun yang lalu, itu akan menjadi teori konspirasi yang menyenangkan, tetapi dalam iklim serangan cyber saat ini, itu sama sekali bukan masalah. Banyak pengembang perangkat lunak keamanan nama besar menawarkan VPN bahkan untuk pengguna internet tingkat konsumen yang paling tidak berbahaya.

Apa Fungsi VPN?

VPN melindungi informasi kalian, identitas kalian, dan aktivitas kalian dengan menghalangi orang luar melihatnya.

Jika seorang peretas telah memasang keylogger di komputer kalian, misalnya, VPN harus secara efektif mencegah informasi tersebut dikirim kembali ke peretas. Kalau kalian punya infeksi malware yang tidak diketahui yang melakukan rooting di komputer kalian untuk data pribadi, itu bisa mencegah siapa pun menemukan apa yang diambilnya.

Bahkan lebih baik lagi, VPN mengalihkan aktivitas internet kalian ke berbagai server yang berlokasi di seluruh dunia. Aktivitas kalian juga tidak dilacak atau dicatat oleh sebagian besar penyedia VPN, meskipun beberapa hanya mengenkripsi informasi itu. Terakhir, VPN menyembunyikan alamat IP kalian saat sedang daring atau benar-benar menghasilkan alamat IP sekali pakai palsu.

Semua faktor ini bergabung untuk mencegah riwayat pencarian atau aktivitas internet kalian digunakan terhadap kalian dengan cara tertentu.

Mengapa Menggunakan VPN?

Apa itu VPN? Berikut Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui
Fungsi asli VPN telah berkembang menjadi lebih banyak kegunaan daripada sekadar menjaga agar orang lain tidak tahu apa yang kalian lakukan.

Pertama, jika kalian membuka sebuah website tapi terblokir penyedia layanan internet seperti Internet Positif atau semacamnya, kalian bisa menggunakan VPN untuk membuka situs yang diblokir tersebut.

Selain itu, VPN dapat mencegah adware dan spyware melacak aktivitas internet kalian, yang mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi jika kalian mencari sesuatu yang sensitif seperti perawatan kanker atau pengacara perceraian, hal terakhir yang kalian butuhkan adalah iklan untuk hal-hal itu membanjiri sidebar layar kalian.

Sekarang, VPN juga mencakup semua opsi keamanan yang melakukan segalanya mulai dari memblokir keylogger untuk mencegah serangan malware. Mereka dapat membuka konten yang dilarang karena batasan geografis, tetapi juga dapat membantu kalian menjaga penyedia layanan internet kalian dari pemantauan, penjualan, dan pembatasan penggunaan internet kalian.

Lebih baik lagi, dengan banyaknya koneksi wifi publik di luar sana, VPN yang solid dan murah dapat melindungi koneksi kalian dan aktivitas online. Banyak penyedia utama bahkan mencakup beberapa perangkat di bawah satu langganan. Kalian dapat mengamankan smartphone, tablet, dan laptop kalian yang terikat dengan akun yang sama.

Bagaimana Cara Menggunakan VPN?

Apa itu VPN? Berikut Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui
 Bergantung pada perangkat yang kalian gunakan, menggunakan VPN benar-benar mudah.

Jika perangkat lunak antivirus kalian belum ada VPN sebagai bagian dari rangkaian keamanannya, maka kalian harus terlebih dahulu menemukan judul yang benar-benar berharga. Diharapkan untuk membayar biaya berlangganan berdasarkan jumlah data yang kalian butuhkan — dari jumlah kecil hingga tidak terbatas — dan juga berapa banyak perangkat yang ingin Kalian cover, dari satu hingga sepuluh. Jika kalian adalah pengguna internet biasa, kalian mungkin ingin menggigit peluru dan membayar biaya tahunan satu kali untuk memiliki jangkauan konstan untuk tahun tersebut.

Setelah kalian menginstal aplikasi seluler, tergantung pada platform perangkat kalian. Kalian mungkin dapat dengan mudah pergi ke pengaturan dan memberi tahu ponsel atau tablet kalian untuk mencari VPN dan kemudian meluncurkannya secara otomatis setiap kali kalian terhubung. Untuk PC, laptop, dan Mac, kalian harus mengikuti instruksi pengembang untuk pemasangan dan peluncuran. Jangan khawatir, ini adalah proses yang sangat mudah dan langkah-langkahnya akan terdaftar di layar.

Setelah kalian menginstal VPN, kalian mungkin perlu menghidupkan dan mematikannya secara manual, seperti jika kalian menggunakan paket data terbatas, misalnya. Jika demikian, biasanya sesederhana membuka aplikasi dan menekan tombol on / off, maka kalian senang melakukannya.

Ya, itu benar-benar mudah.

Tapi mana Aplikasi VPN yang bagus untuk kalian?

Pengembang VPN memiliki beberapa perbedaan utama yang perlu kalian perhatikan.

Banyak perbedaan utama mengarah pada fungsi: apakah VPN benar-benar memberikan alamat IP anonim, atau hanya menutupinya? Apakah itu hanya mengenkripsi aktivitas kalian saat masih login dan menyimpannya, atau apakah itu aktif melacak penggunaan kalian di tempat pertama? Perbedaan seperti itu penting, tergantung pada apa yang kalian inginkan agar orang lain tidak melihatnya.

Kalian juga harus mempertimbangkan penggunaan kalian. Apakah kalian hanya ingin menggunakan VPN untuk waktu terbatas saat menggunakan aplikasi perbankan, dll.? Jika demikian, kalian bisa pakai dengan paket yang lebih murah, tetapi jika kalian ingin tetap aman dan terhubung setiap saat, kalian harus menemukan paket penggunaan yang tidak terbatas.

Berapa banyak perangkat yang kalian butuhkan untuk menutup? Jika kalian memiliki laptop, tablet, dan perangkat seluler, kemungkinan kalian lebih baik dengan paket multi-perangkat untuk ketenangan pikiran yang lebih baik. Jika lalian adalah pemilik berbagai perangkat Internet-of-Things di rumah kalian - kami berbicara bola lampu berubah warna, bel pintu pintar, hal semacam itu - Kalian mungkin ingin menemukan VPN yang menawarkan dukungan router untuk meningkatkan keamanan di seluruh seluruh rumahmu.

Kesimpulan terakhir

Yang terpenting, VPN memberi kalian pola pikir keamanan yang kalian butuhkan untuk mengambil langkah-langkah proaktif. Ketika kalian menggunakan semua alat yang kalian inginkan, kalian bisa tenang, mengetahui bahwa kalian melakukan semua yang kalian bisa untuk menjaga peretas dan pencuri identitas.

Lihatlah ke opsi kalian dan pilih perangkat lunak yang tepat untuk kebutuhan kalian, tetapi pastikan kalian melindungi diri sendiri di setiap kesempatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel