VPN vs Cloudflare DNS: Mana Yang Terbaik Untuk Privasi?

VPN vs Cloudflare DNS: Mana Yang Terbaik Untuk Privasi?
Perbedaan VPN dengan layanan DNS tercepat Cloudflare 1.1.1.1 - Cloudflare telah meluncurkan layanan DNS baru, 1.1.1.1, yang diklaimnya sebagai layanan DNS konsumen privasi tercepat di internet. Cloudflare berpendapat bahwa 1.1.1.1 menyediakan koneksi yang lebih cepat dan lebih aman ke internet.

Tapi seberapa baguskah itu? Dan bagaimana cara membandingkannya dengan VPN? Blogudir menggali detail untuk mencari tahu mana yang lebih baik untuk privasi kalian, dan mengapa.

Apa itu DNS?

VPN vs Cloudflare DNS: Mana Yang Terbaik Untuk Privasi?
DNS atau Domain Name System sering disamakan dengan buku telepon untuk internet. Komputer mengenali satu sama lain dengan alamat IP mereka, bukan dengan nama situs yang terkait dengannya, jadi setiap kali kalian mengetik situs web seperti Google.com, layanan DNS mencari alamat IP yang ditautkan ke Google dan menghubungkan kalian ke sana.

Layanan DNS yang menghubungkan kalian ke internet disediakan oleh ISP kalian, yang mencatat semua situs web yang kalian kunjungi. Jika ISP kalian dapat melakukan ini, pemerintah kalian pasti bisa, dan ini dapat membuat kalian jatuh dalam air panas jika kalian tinggal di negara yang tidak begitu terbuka terhadap pandangan sosial dan politik yang bertentangan.

Tambahkan snoopers, hacker, dan serangan Man-in-the-Middle, dan DNS kalian dapat mengekspos kalian ke sejumlah kerentanan online dan serangan yang dapat mengekstrak informasi pribadi kalian.

Janji Cloudflare 1.1.1.1 adalah untuk memperbaiki masalah terkait DNS ini, sambil juga menyediakan kecepatan koneksi super cepat.

Apa itu 1.1.1.1?

VPN vs Cloudflare DNS: Mana Yang Terbaik Untuk Privasi?
Cloudflare 1.1.1.1 adalah resolver DNS. Ketika dikonfigurasikan dengan benar pada perangkat kalian, semua permintaan koneksi kalian akan merutekannya. Dirilis pada tanggal 1 April (bermain dengan kata-kata 'empat orang'), 1.1.1.1 menerima permintaan kalian dan menyelesaikannya dengan kecepatan cepat yang gila (hingga 28% lebih cepat, menurut situs resmi), sementara juga berjanji untuk menghapus semua DNS log setelah 24 jam. Sistem juga tidak menyimpan kueri alamat IP kalian.

Dengan menyalurkan semua pertanyaan kalian ke 1.1.1.1 alih-alih layanan DNS ISP kalian, kalian mempercayakan pertanyaan alamat IP kalian dengan Cloudflare dan APNIC, registri internet regional yang bermitra dengan perusahaan untuk mendapatkan resolver.

Cloudflare DNS juga meminimalkan nama permintaan yang dikirim ke server DNS resmi - alih-alih mengirim "www.one.contoh.com", itu hanya mengungkapkan bagian "contoh.com" dari permintaan kalian ke server DNS resmi, mengurangi kebocoran privasi yang dapat terjadi saat mengajukan permintaan.

Lebih penting lagi, 1.1.1.1 memberikan alternatif untuk dukungan DNS-over-HTTPS Google, yang merupakan penyedia dukungan terbesar, dari Google Public DNS dan sistem operasi Android. Dengan Cloudflare melemparkan topinya ke ring dan memberikan dukungan DNS-over-HTTPS sendiri, ada harapan bahwa lebih banyak penyedia akan mengambil langkah dalam menciptakan protokol DNS yang berorientasi privasi seperti 1.1.1.1.

Seberapa privasi 1.1.1.1?

VPN vs Cloudflare DNS: Mana Yang Terbaik Untuk Privasi?
Dengan mengubah server DNS kalian ke 1.1.1.1, kalian menyalurkan lalu lintas ke 1.1.1.1, dan bukan ISP kalian. Cloudflare mengatakan itu tidak akan mencatat alamat IP kalian dengan 1.1.1.1, dan perusahaan tampaknya berkomitmen untuk janji itu.

Meskipun tidak mencatat alamat IP kalian, pakaian itu mencatat data permintaan DNS anonim. Menurut Komitmennya terhadap Privasi, Cloudflare menyatakan bahwa satu-satunya informasi yang akan dikumpulkannya adalah "data kueri DNS anonim yang dikirim ke Cloudflare Resolver". Beberapa informasi itu dicatat secara permanen, termasuk jumlah kueri, pengguna unik, dan daftar agregat semua nama domain yang diminta.

Sementara perusahaan tidak akan memberikan informasi ini kepada pengiklan pihak ketiga, mitra Cloudflare, APNIC, akan menggunakan informasi untuk penelitian operasional nirlaba, termasuk bisa lebih memahami DNS dan mengurangi serangan DDoS.

Satu hal yang perlu diingat ketika menggunakan 1.1.1.1 adalah bahwa sementara ISP kalian tidak dapat melihat lalu lintas DNS kalian ketika kalian mengunjungi situs yang menggunakan HTTPS,  Ada juga masalah yang jelas adalah harus mempercayai Cloudflare dan APNIC untuk tidak mencatat informasi kalian.

Apa Perbedaan 1.1.1.1 dengan VPN?

1.1.1.1 dan Virtual Private Networks (VPN) merutekan lalu lintas DNS kalian melalui server mereka, melewati ISP kalian dan mencegah siapa pun melihat lalu lintas kalian. VPN yang baik juga tidak mencatat data pribadi kalian dan identitas kalian.

VPN berbeda dalam beberapa hal. VPN adalah jaringan yang mengenkripsi semua lalu lintas yang mengalir melaluinya, termasuk HTTP dan HTTPS. Server VPN yang kalian sambungkan bertindak sebagai server perantara di lokasi yang kalian pilih, yang tidak hanya mengenkripsi lalu lintas kalian  melalui servernya, tetapi juga menutupi lokasi kalian yang sebenarnya sehingga kalian dapat menjelajahi internet seolah-olah kalian berada di negara yang berbeda. Sedangkan 1.1.1.1 tidak melakukan ini.

Ketika datang ke kecepatan, enkripsi tambahan yang digunakan, dan jarak koneksi ke server jauh yang lebih jauh, dapat membuat koneksi VPN lebih lambat dari Cloudflare 1.1.1.1. Namun, dengan VPN yang baik yang menawarkan kecepatan cepat, perbedaannya menyempit.

Mana yang lebih baik dalam melindungi privasi?

1.1.1.1 dapat memberi kalian kecepatan koneksi yang lebih cepat dan melindungi kalian dari sebagian besar pengintai, tetapi jika kalian ingin menyembunyikan semua lalu lintas kalian, dan bersedia membayar untuk itu, maka pilihlah VPN yang bagus yang tidak menyimpan log yang dapat mengidentifikasi kalian. Seperti Cloudflare dan 1.1.1.1 APNIC, kepercayaan memainkan peran dalam memilih VPN yang ingin kalian gunakan.

Ada juga manfaat lain untuk memiliki VPN seperti bisa menutupi lokasi kalian yang sebenarnya dengan lokasi lain. Ini membantu khususnya jika situs yang ingin kalian akses diblokir secara geografis, seperti Netflix atau Google, dan kalian berada di negara tempat situs tersebut diblokir.

VPN terbaik tidak menyimpan log, dan menawarkan lokasi server dari seluruh dunia. Kalian bisa melihat daftar rekomendasi layanan VPN terbaik yang sudah kami rangkum sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel