Aplikasi Viral Untuk Edit Foto Jadi Tua, Apakah FaceApp Berbahaya?

Aplikasi Viral Untuk Edit Foto Jadi Tua, Apakah FaceApp Berbahaya?
Bahaya Menggunakan Aplikasi FaceApp - Akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tentang sebuah aplikasi smartphone yang bisa merubah foto wajah seseorang menjadi lebih tua dari dirinya sendiri. Kalau kalian suka main media sosial seperti Instagram atau Facebook, kalian mungkin tahu kami berbicara tentang aplikasi FaceApp yang viral ini. Tapi, akhir-akhir ini juga ramai berita kalau aplikasi FaceApp ini berbahaya.

FaceApp merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Wireless Labs yang berasal dari Rusia. Sudah lebih dari 100 juta orang mendownload aplikasi itu di Google Play. Bahkan, FaceApp masuk dalam daftar aplikasi teratas di iOS App Store di 121 negara. Dan sekarang, aplikasi FaceApp ini punya dua masalah utama terkait privasi dan izin aplikasi, yang harus kita ketahui.

Masalah FaceApp Yang Harus Kalian Ketahui

Aplikasi Viral Untuk Edit Foto Jadi Tua, Apakah FaceApp Berbahaya - FaceApp Mengubah Foto Wajah Menjadi Tua
Masalah pertama adalah aplikasi bisa mengakses galeri pengguna meskipun aksesnya ditolak. Sementara FaceApp meminta izin dan jika ditolak, hasil jepretan kamera tidak diunggah ke aplikasi, masih ada pilihan untuk memilih foto yang ingin diedit pengguna.

Namun, untuk pengguna iOS, meskipun aplikasi ini bisa mengakses hasil jepretan kamera, aplikasi ini hanya akan mendapatkan satu foto dan bukan seluruh galeri foto dan video, berkat API yang diperkenalkan di iOS 11.

Aplikasi ini masih menimbulkan pertanyaan karena masih bisa mendapatkan satu foto pengguna meskipun pengguna telah mengatur pengaturan untuk tidak pernah mengizinkan aplikasi mengakses galeri.

Mungkin Apple akan memperbaiki masalah ini di iOS 13 yang akan datang, setelah nantinya tersedia untuk masyarakat umum.

Sementara itu, developer Joshua Nozi mengklaim kalau aplikasi FaceApp mengunggah foto pengguna, yang telah dibantah oleh peneliti keamanan Elliot Alderson.

Ketika pengguna memilih foto untuk diedit dan pindah pada mode Airplane, foto akan menjadi buram lalu muncul pop-up tulisan kalau foto tidak bisa diunggah karena koneksi internet yang hilang. Ini jelas kalau foto sedang dikirim ke penyimpanan cloud aplikasi tanpa izin pengguna.
Aplikasi Viral Untuk Edit Foto Jadi Tua, Apakah FaceApp Berbahaya - FaceApp Membutuhkan Koneksi Internet Untuk Mengupload Foto ke Penyimpanan Cloud Mereka
Bagi mereka yang tidak tahu, aplikasi FaceApp bukan aplikasi baru dan ini juga menjadi viral dua tahun lalu, yang memungkinkan pengguna untuk membuat ekspresi palsu di foto apa pun. Namun, itu ditentang oleh banyak orang ketika aplikasi tersebut sepenuhnya mengubah etnis pengguna.

Karena aplikasi ini punya beberapa masalah privasi, meskipun kecil, kami menunggu FaceApp untuk memperbaiki masalah tersebut dan melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Informasi Terbaru Terkait FaceApp

FaceApp akhirnya memberikan tanggapan (melalui TechCrunch) untuk masalah privasi yang sedang berlangsung terkait dengan aplikasinya.

“Kami mungkin menyimpan foto yang diunggah di cloud. Alasan utama untuk itu adalah kinerja dan lalu lintas. Kami ingin memastikan kalau pengguna tidak mengunggah foto berulang kali untuk setiap operasi pengeditan. Sebagian besar foto dihapus dari server kami dalam waktu 48 jam sejak tanggal pengunggahan", ungkap mereka

Sedangkan menurut CNN, Komite Nasional Demokrat menginginkan FBI dan FTC untuk menyelidiki seluruh masalah FaceApp karena aplikasi tersebut berasal dari Rusia. Selain itu, DNC telah memperingatkan kampanye pemilihan presiden 2020 untuk tidak menggunakan FaceApp karena alasan keamanan.



Bagaimana? Apakah kalian masih menggunakan aplikasi FaceApp ini? Kami tidak menakut-nakuti, memang beginilah yang terjadi. Tapi kalau kalian masih tetap memakai aplikasi ini, kami tidak bertanggung jawab dengan apa yang akan terjadi nantinya. Jadi berhati-hatilah~

Dan untuk pembaruan informasi lebih lanjut tentang hal yang sama, tetap stay up-to-date di Blogudir untuk pembaruan lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel