Apa itu Cloud Server dan Fungsinya

   
Cloud server adalah - sebuah layanan teknologi yang menggabungkan komputer dan jaringan yang berbasis internet atau kurang lebih disebut sebagai penyimpanan data online. Pada intinya, teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan dan penyimpanan data. Sehingga data-data yang Anda perlukan dapat dengan mudah diakses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat seperti Flashdisk, Harddisk, CD maupun DVD . Tentu hal ini akan sangat mempermudah bila seseorang memiliki data yang tersimpan di suatu perangkat penyimpanan dan perangkat itu hilang, maka data yang tersimpan pasti ikut hilang. Namun, data di cloud server akan tetap aman.

Dengan adanya cloud server maka data yang ada dapat diakses sewaktu-waktu sehingga mempermudah pekerjaan dan salah satu  contoh cloud server gratis adalah Google Drive. Jika Anda ingin menggunakan jasa dari penyedia layanan ini maka Anda biasanya akan dimintai untuk mendaftarkan email guna membuat akun sehingga jika sewaktu-waktu Anda akan menyimpan atau membuka file yang telah disimpan, maka Anda akan dimintai ID akun dan passwordnya.

Salahsatu keistimewaan dari Cloud server adalah memberikan kemudahan menaikkan atau menurunkan resource server seperti jumlah Core CPU, maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan Anda atau biasa disebut On Demand.

Anda harus lebih waspada jika ada perusahaan mengaku memiliki pelayanan Cloud Server terutama di Indonesia tapi tidak bisa memberikan fasilitas On Demand karena teknologi ini yang membedakan dengan VPS. Jika anda ingin maksimal dan mempunyai banyak sekali data yang harus di simpan anda bisa berlanganan 1 server, dengan konsekuensi harus membayar harga sedikit mahal namun kualitas tentu saja lebih baik karena infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup.

Fungsi Cloud Server

1. Meminimalisir Kehilangan Data

Anda pasti pernah mengalami banyak data atau file yang saat ini sudah hilang dan tidak bisa diselamatkan karena kerusakan pada harddisk, flashdisk dan media storage fisik lainnya? Ini semua tidak akan terjadi apabila Anda memanfaatkan pelayanan cloud server sebagai media penyimpanan online.
Menggunakan penyimpanan online atau cloud server sebagai media penyimpanan saat ini akan sangat memperkecil kemungkinan kerusakan dan juga kehilangan data, sehingga data Anda akan menjadi jauh lebih aman dari kerusakan ataupun corrupt.

2. Tidak Perlu Membeli Media Storage

Berapa harga harddisk eksternal ataupun flashdisk saat ini? Kira-kira berkisar antara 100 ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli perangkat tersebut bukan? Nah dengan adanya cloud server, maka Anda tidak perlu mengeluarka biaya tingi untuk menyimpan file dan juga data. Harga investasi yang harus Anda bayarkan akan jauh lebih murah apabila menggunakan cloud server. Selain itu Anda juga tidak perlu repot-repot mencari harddisk ataupun flashdisk lagi.

3. Upgrade yang Cepat

Upgrade sumber daya sangat perlu dilakukan untuk menjaga kualitas. Dan salah satu kelebihan dari cloud server ini adalah upgrade yang dilakukan begitu cepat, bahkan terkadang tidak perlu melakukan reboot. Hal ini tentu menghemat waktu.

4. Sangat Praktis

Cloud server ini tentu memiliki kelebihan sangat praktis dan sangat mudah digunakan, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa media storage fisik. Manfaat dan juga keunggulannya sama seperti pilihan, ketika Anda harus membawa uang cash atau hanya perlu membawa selembar kartu ATM / kartu uang elektronik.

Mungkin itu saja sedikit tentang pengertian dan fungsi dari cloud server yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jangan lupa komen dibawah yah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel