Begini Caranya Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya


blogudir.com, - Jika kamu suka menyimpan foto – foto berharga di ponsel, kamu gak khawatir ukurannya terlalu besar dan memenuhi memori penyimpanan ? Atau butuh mengunggah foto tapi ukurannya terlalu besar?

Gak perlu khawatir, karena kamu bisa mengkompress foto tanpa perlu mengurangi kualitasnya. Simak dulu nih tiga cara mudah mengompres foto menggunakan layanan online, PC dan ponsel.

1. Cara Kompres Foto Online

Mengompres foto secara online terbilang paling mudah karena kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Trik ini juga bisa digunakan baik melalui PC Rumah atau ponsel smartphone. Untuk mengompres foto secara online hal pertama yang harus kalian lakukan adalah buka situs imagecompressor.com lewat browser pilihan. Arahkan kursor Mouse ke bagian Unggah File dan pilih foto yang ingin kalian kompres. Bisa juga nih drag-and-drop foto langsung dari file manager ke browser.


Kalian bisa mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diunggah dan dikompres. Tunggu hingga proses unggah dan kompres selesai.
Selanjutnya, kalian bisa langsung mendownload foto yang sudah dikompres. Nah, kalua ukurannya masih dianggap terlalu besar, Coba terus scroll mouse nya ke bawah dan mengubah level kompresinya.

Setelah di Scroll kebawah akan ada dua versi foto yaitu yang belum dikompres dan yang sudah. Kalian coba geser mousenya sedikit kesebelahnya akan terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa kalian naikkan atau turunkan sesuai keinginan.
Jika ukurannya sudah sesuai dengan keinginan kalian, klik Unduh Semua untuk mengunduh foto-foto kalian ke PC atau ponsel.

2. Cara Kompres Foto di PC Windows

Trik ini pas banget untuk kalian yang sedang bekerja di depan komputer tapi tidak terhubung dengan internet. Kalian juga gak usah download aplikasi apa-apa karena akan menggunakan aplikasi Photos bawaan Windows.

Pertama, cari dan pilih foto yang kalian ingin kompres di file manager. Selanjutnya  kalian  klik kanan di foto yang diinginkan, pilih Open With di menu kemudian pilih opsi Photos.

Kedua, klik tiga titik yang ada di sisi kanan atas layar. Disana ada drop down menu dan klik Resize.
Selanjutnya pilih ukuran yang kalian inginkan. Terdapat tiga jenis pilihan ukuran yaitu Small, Medium dan Large.

Pilih ukuran yang diinginkan, Selanjutnya akan muncul window Save As untuk menyimpan foto kalian. Pilih folder penyimpanan sesuai keinginan kalian, kemudian rename foto tersebut, Lalu pilih Save.

3. Cara Kompres Foto di Ponsel Android

Untuk mengompres foto menggunakan ponsel atau HP Android ada banyak cara, termasuk menggunakan aplikasi. Dari sekian banyak aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo. Kalian bisa cek di playstore
Pertama kalian harus men-download aplikasi tersebut di Google Play Store. Kemudian Install, dan buka aplikasinya.



Pada page depan pilih menu Compress Photos. Select foto yang kalian inginkan, dan kalian bisa memilih hingga 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Lanjut klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Ada dua pilihan kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau ukurannya.

Kalo Kalian pilihnya Kualitas, geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Makin besar persentasenya, makin besar juga ukuran dan kualitasnya, begitu juga sebaliknya.
Jika kalian klik opsi ukuran, kalian bisa mengecilkan ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 100 KB. Kalian cukup menggeser slider yang ke angka 100 KB.

Nah, kalau kualitas dan ukuran sudah oke, klik Start Compressing. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai dan foto kalian akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa diakses di Gallery atau file manager.



Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat buat kalian semua yah, terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel